KOMUNIKASI DAN
KINERJA
Dimana kinerja yaitu hasil kerja
secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seorang karyawan dalam
melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya.
Jadi, dapat saya simpulkan bahwa kinerja seorang karyawan
sangat berpengaruh terhadap kualitas dan kuantitas sebuah tempat kerja atau
organisasi.
Ada dua
jenis perilaku atau tugas pekerjaan yang mencakup unsur-unsur penting kinerja
pekerjaan, yakni tugas fungsional dan tugas perilaku. Dimana, tugas fungsional
berkaitan dengan seberapa baik seorang karyawan menyelesaikan seluk-beluk
pekerjaan, termasuk terutama penyelesaian aspek-aspek teknis pekerjaan
tersebut. Tugas perilaku berkaitan dengan seberapa baik karyawan menangani kegiatan
antar persona dengan anggota lain organisasi, termasuk mengatasi konflik,
mengelolah waktu , memberdayakan orang lain, bekerja dalam sebuah kelompok, dan
bekerja secara mandiri.
Adapun
factor-faktor yang mempengaruhi kinerja yaitu :
·
Factor kemampuan
·
Factor motivasi
Dimana, factor kemampuan itu memiliki
kemampuan potensi dan IQ diatas rata-rata. Sedangkan, factor motivasi terbentuk
dari sikap. Jadi, kinerja atau hasil kerja seorang karyawan itu dipengaruhi
oleh dua factor tersebut.
Apakah seorang karyawan yang ditempatkan didibidang yang
tidak sesuai kemampuannya, apakah akan mempengaruhi kinerjanya ?
Karena ketika seorang pemimpin salah menempatkan karyawan
pada bidang yang tidak sesuai dengan kemampuannya, juga akan berpengaruh kepada
sikap dan motivasi seorang karyawan. Jadi, rasa percaya diri karyawan akan
menurun.
Jika dilihat dari kasus tersebut, tindakan apa yang baik diambil oleh seorang
pemimpin?
Jika dilihat dari titik acuan penilaian, terdapat 3 tipe
kriteria pengukuran prestasi yang saling berbeda, yakni:
1.
Pengukuran kriteria berdasarkan hasil. Tipe ini
merumuskan pekerjaan berdasarkan pencapaian tujuan organisasi, atau mengukur
hasil akhir.
2.
Pengukuran kinerja berdasarkan perilaku. Yakni
pengukuran sarana pencapaian sasaran.
3.
Pengukuran kinerja “judgement”. Ini merupakan
kriteria yang mengukur prestasi
berdasarkan perilaku tertentu. Seperti : jumlah yang dilakukan, luas
pengetahuan, kepribadian dan kepemimpinan.
Adapun Kriteria penilaian kinerja
meliputi ; kualitas pekerjaan, ketetapan waktu, inisiatif, kemampuan dan
komunikasi.
(Y)
BalasHapus