Rabu, 07 Juni 2017

TUGAS RESPON KE-5



PUBLIK RELATION DALAM ORGANISASI

Publik Relation (PR) dalam suatu organisasi ialah untuk menyampaian atau menyebarluaskan berbagai informasi kepada public. Jadi, dengan begitu dapat saya simpulkan bahwa yang dimaksud dengan public relation disini adalah sebagai tempat untuk menyampaikan informasi ke media untuk dengan public relation, kita juga dapat membuat dan juga dapat mengembangkan usaha-usaha guna public relation dalam organisasi yaitu dapat menunjang dan mengembangkan ide-ide atau kreativitas anggota-anggota organisasi dan menyalurkannya ke dalam public relation, dengan begitu kita dapat menyebarluaskannya kepada public.
                Adapu ciri-ciri suatu kegiatan komunikasi yaitu sebagai berikut :
1.       Komunikasi yang dilaksanakan berlangsung dua arah secara timbal balik
2.       Kegiatan yang dilakukan terdiri atas penyebaran informasi, penggiatan persuasive dan pengkajian pendapat umum
3.       Tujuan yang hendak dicapai adalah tujuan organisasi
4.       Sasaran yang dituju adalah public didalam organisasi dan public diluar organisasi/ khalayak
5.       Efek yang diharapkan adalah terbitnya hubungan yang harmonis antara organisasi dan public/ khalayak
Dalam pengambilan keputusan, public relation juga berkontribusi penting didalamnya yaitu dengan adanya public relation mampu membangun hubungan yang positif antara organisasi dengan publiknya, sehingga terbangun reputasi organisasi.
Adapun tujuan public relation yaitu untuk membina hubungan baik dengan publiknya melalui komunikasi dua arah.
Peran public relation adalah :
1.       Penasihat ahli
Yaitu membantu manajemen untuk mencari solusi bagi penyelesaian masalah
2.       Fasilitator komunikasi
Menciptakan kesempatan-kesempatan untuk menciptakan peluang agar public mendengar apa yang diharapkan manajemen
3.       Fasilitator proses pemecahan masalah
Membantu kerja manajemen untuk memberikan nasehat hingga pengambilan keputusan
4.       Communication tehnical
Menyediakan layanan teknis komunikasi.
Adapun keahlian public relation :
1.       Sebagai creator
2.       Sebagai conseptor
3.       Sebagai mediator
4.       Sebagai problem solver
Jadi, public relation mempunyai peran yang sangat penting dalam sebuah organisasi. Selain sebagai tempat untuk menyampaikan dan mengembangkan suatu kreativitas di media. Juga dapat berperan sebagai pembantu dalam pemecahan masalah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar