PUBLIK RELATION DALAM ORGANISASI
Publik Relation (PR) dalam suatu
organisasi ialah untuk menyampaian atau menyebarluaskan berbagai informasi
kepada public. Jadi, dengan begitu dapat saya simpulkan bahwa yang dimaksud
dengan public relation disini adalah sebagai tempat untuk menyampaikan
informasi ke media untuk dengan public relation, kita juga dapat membuat dan
juga dapat mengembangkan usaha-usaha guna public relation dalam organisasi
yaitu dapat menunjang dan mengembangkan ide-ide atau kreativitas anggota-anggota
organisasi dan menyalurkannya ke dalam public relation, dengan begitu kita
dapat menyebarluaskannya kepada public.
Adapu
ciri-ciri suatu kegiatan komunikasi yaitu sebagai berikut :
1.
Komunikasi yang dilaksanakan berlangsung dua
arah secara timbal balik
2.
Kegiatan yang dilakukan terdiri atas penyebaran
informasi, penggiatan persuasive dan pengkajian pendapat umum
3.
Tujuan yang hendak dicapai adalah tujuan
organisasi
4.
Sasaran yang dituju adalah public didalam
organisasi dan public diluar organisasi/ khalayak
5.
Efek yang diharapkan adalah terbitnya hubungan
yang harmonis antara organisasi dan public/ khalayak
Dalam pengambilan keputusan,
public relation juga berkontribusi penting didalamnya yaitu dengan adanya
public relation mampu membangun hubungan yang positif antara organisasi dengan
publiknya, sehingga terbangun reputasi organisasi.
Adapun tujuan public relation
yaitu untuk membina hubungan baik dengan publiknya melalui komunikasi dua arah.
Peran public relation adalah :
1.
Penasihat ahli
Yaitu membantu manajemen untuk mencari solusi bagi penyelesaian masalah
2.
Fasilitator komunikasi
Menciptakan kesempatan-kesempatan untuk menciptakan peluang agar public
mendengar apa yang diharapkan manajemen
3.
Fasilitator proses pemecahan masalah
Membantu kerja manajemen untuk memberikan nasehat hingga pengambilan
keputusan
4.
Communication tehnical
Menyediakan
layanan teknis komunikasi.
Adapun keahlian public relation :
1.
Sebagai creator
2.
Sebagai conseptor
3.
Sebagai mediator
4.
Sebagai problem solver
Jadi, public relation mempunyai
peran yang sangat penting dalam sebuah organisasi. Selain sebagai tempat untuk
menyampaikan dan mengembangkan suatu kreativitas di media. Juga dapat berperan
sebagai pembantu dalam pemecahan masalah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar