Minggu, 11 Juni 2017

Respon ke 7



KOMUNIKASI DAN MANAJEMEN KONFLIK
                Manajemen konflik adalah proses meminimalisir aspek-aspek negatif dari konflik dan juga meningkatkan aspek positif dari konflik. Tujuan dari pengelolaan konflik yaitu untuk meningkatkan pembelajaran, termasuk efektivitas atau kinerja dalam pengaturan dalam organisasi.
                Dalam penyelesaian atau dalam manajemen konflik dapat melibatkan diri sendiri, kerjasama dalam memecahkan masalah, atau pengambilan keputusan oleh pihak ketiga.
Adapun istilah transformasi konflik secara lebih umum menurut fisher dkk.:
·         Pencegahan konflik, bertujuan untuk mencegah timbulnya konflik yang keras.
·         Penyelesaian konflik, bertujuan untuk mengakhiri perilaku kekerasan melalui pesetujuan damai.
·         Pengelolaan konflik, bertujuan untuk membatasi dan menghindari kekerasan dengan mendorong perubahan-perubahan sikap positif bagi pihak yang terlibat.
·         Resolusi konflik, menangani sebab-sebab konflik daan berusaha membangun hubungan baru dan bisa tahan lama diantara kelompok-kelompok yang bermusuhan.
·         Transformasi konflik, mengatasi sumber-sumber konflik social dan politik yang lebih keras.
Adapun konflik orgaanisasi terbagi atas dua yaitu intra organisasi dan inter organisasi. Dimana konlik intra organisasi terjadi atas dua atau lebih organisasi. Sedangkan, konlik inter organisasi yaitu terjadi dalam suatu organisasi dan dapat lebih.

Jadi, apakah dengan kita manajemen konflik akan menyelesaikan konflik? Dan konflik seperti apa yang dapat kita hindari? Jika kita melihat transformasi konflik, dan dalam sebuah organisasi ada sebuah konflik, hal seperti apa yang baik dilakukan untuk meminimalisir konflik??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar